Terkecoh iklan Mentari

Saya melihat iklan Indosat Mentari di lembaran khusus koran Kompas tanggal 17 Desember 2012, di antaranya menawarkan paket prabayar Mentari untuk smartphone dengan kuota data 3 GB per bulan.

Iklan Indosat Mentari di Kompas 17 Desember 2012

Iklan Indosat Mentari di Kompas 17 Desember 2012

Tertarik dengan iklan tersebut, saya mencari informasi lebih rinci di situs web Indosat dan menemukan laman berikut.

Tangkapan layar situs Indosat Mentari, direkam 24/12/2012

Tangkapan layar situs Indosat Mentari, direkam 24/12/2012

Saya tertarik dengan “Paket Smartphone untuk iPhone, Android dll”. Di situ disebutkan, untuk paket Rp99ribu per 30 hari, fasilitasnya adalah kuota data 3.0 GB, voice onnet 150 menit, voice offnet 50 menit, SMS 500, Super Wifi, dan gratis Whatsapp 12 bulan. Buat saya yang paling menarik adalah paket data, urutan kedua adalah paket voice. Selebihnya bonus saja karena saya tidak terlalu banyak mengirim SMS dan belum ingin menggunakan Whatsapp. Paket ini menarik buat saya karena selama ini dengan pemakaian tidak terlalu intensif (bicara paling 15 menit sehari, data tidak lebih dari 200MB sebulan, SMS rata-rata 10 kali sehari) dengan paket Mentari Hebat Berlima, saya menghabiskan 200ribu sebulan. Saya pikir, dengan paket yang 99ribu (kuota data 3 GB), saya bisa lebih bebas memanfaatkan aplikasi berbasis jaringan di ponsel saya.

Perhatikan bahwa di laman tersebut tidak ada informasi lain-lain seperti “syarat dan ketentuan berlaku”. Ada satu asterisk (*) pada kolom data 3GB, tetapi keterangan di bawahnya hanya menyebut aturan pindah paket. Tidak ada keterangan pembatasan waktu atau batasan lain-lain.

Maka saya melakukan pendaftaran dengan menekan *123*2*2# (setelah sebelumnya mengisi pulsa Rp100ribu). Lalu saya memilih paket “MentariSmartphoneBaru”, “SP bulanan99”. Setelah itu saya mendapat SMS dari 2020 dengan pesan:

Selamat, Anda aktif di Mentari Baru. GratisWhatsApp s/d 12 bln, kuota data s/d 3GB, kecepatan s/d 7.2 Mbps mulai dari Rp 5rb. Pilih paketnya di *123*2*2#. Indosat Super3G+ 25rb/bln 500MB+Bonus1,5GB.Kec sd 3,6Mbps.tkn*123*4*1*1#

Lalu ada SMS lagi dari 123:

Selamat! Nikmati Gratis Whatsapp 12bln cek *555*1# //Data 3GB(1.5GB jam00-06), telp200mnt(50mnt ke OprLain)&500SMS ke nmr Indosat s/d 19/01/2013 20:46 cek *557#

LHO????

WTF?

WTF?

Perhatikan bagian yang saya tebalkan:

  1. Kuota data 3 GB terbagi atas dua periode waktu: 00-06 dan 06-00, masing-masing 1,5 GB. Hal ini tidak disebutkan di iklannya (baik cetak maupun di situs web).
  2. Gratis SMS hanya berlaku untuk nomor Indosat. Ini juga tidak disebutkan di iklannya.

Lalu, ada kejutan lain. Ketika saya cek sisa kuota di *557#, ini yang tampil:

Screenshot_2012-12-21-20-36-44Perhatikan bahwa jatah bicara dan SMS dibatasi hanya jam 00-17. Di luar periode itu (17-00) berlaku tarif normal. LHO??? Lagi-lagi, informasi ini tidak ada di iklannya.

Saya merasa terkecoh dan rugi karena:

  1. Saya butuh koneksi data terutama pada saat saya di luar rumah. Jam 00-06, hampir pasti saya ada di rumah (kecuali sedang liburan atau tugas ke luar kota), dan kalau pun tidak di rumah, umumnya jam segitu saya tidur. Kalau saya di rumah, saya tidak butuh akses data lewat ponsel karena sudah punya sambungan internet lewat kabel. Dan kalau pun tidak di rumah, jam segitu saya hampir pasti tidak butuh koneksi data — mimpi saya masih analog, belum digital.
  2. Pukul 17-00, saya melakukan cukup banyak panggilan telepon (umumnya setelah pulang kantor tapi belum sampai atau tidak langsung ke rumah), namun saya tidak bisa menggunakan jatah menelepon dalam paket ini.

Kepada Indosat, saya mohon penjelasan. Terima kasih.

Update (1/2/2013): koreksi ketikan: tertulis 30GB, seharusnya 3.0 GB.

15 responses

  1. makasih atas pengetahuannya🙂
    iklan emang mengecoh,,,,

  2. Info yang sangat bagus. Saya pengguna IM3 dan pakai paket yang jelas aja sih (internet & sms). Kalau telpon, pakai tarif dasar aja. Jarang banget nelpon.
    Saya suka penjelasan paket internet Indosat, menurut saya jelas. Tapi yang Mentari baru ini kok kurang jelas ya?!
    Saya juga sebenarnya tertarik dengan promo gratis 7 hari 7 malam, tapi malas registrasi, ada rasa khawatir juga.
    Itu di bawah gambar yang tinggi ada kesalahan tulis tuh.
    “Di situ disebutkan, untuk paket Rp99ribu per 30 hari, fasilitasnya adalah kuota data 30 GB,…”
    Harusnya kan 3GB.

    1. Terima kasih untuk koreksinya, sudah saya perbaiki.

  3. memang iklan suka menipu, mentari gimana nich.

  4. indosat???????????ruweeeeeeeeet

  5. saya coba langganan sehari untuk gratis whatsapp 7 hari. Whatsapp nya sich bisa gratis 7 hari tapi ternyata banyak aplikasi android yang mengakses data ke internet. Alhasil banyak juga pulsa yang kemakan. Tadinya mau hemat jadi boros

    1. Kalau mau hemat data, kan di setting Android bisa diatur, app apa saja yang boleh akses data lewat sambungan mobile; selebihnya hanya boleh lewat wifi.

  6. saya jg pelanggan mentari dari 2001 … saya rasakan pelayanan mutu dan tarif semakin buruk… akhirnya karna udah banyak kawan tau nomor saya, kartu tetep saya aktifkan tp buat isi tab doang… anehnya tiap isi ulang belum sampai terpakai tau tau saldo berkurang… pernah saya sampaikan ke call center jawabannya tidak memuaskan dan membingungkan karna katanya akses data jalan terus>>>??????? setting apalagi????

    1. Dipasang di tablet? Ya iyalah, pulsanya bisa kemakan app yang otomatis download data walaupun hanya sync atau update. Kalau di Android, bisa dikontrol app apa saja yang boleh akses data selular, selebihnya hanya bisa pakai wifi.

  7. pernah lho pak saya pasang di nokia 8250 monoponic toh hasilnya sama belum pakai pulsa tau tau berkurang jg yg sebelum saya pasang di tablet…

  8. hehehe
    saya yerkecoh iklan sms juga
    kuota habis 3gb, suruh isi lagi 3Gb cuma 10 rb 24 jam, betul kuota kmd ada di *5557*8#, tapi tdk ada di indosat assistant jd tetep saja kalo browsing suruh hub, cust cervice..
    nah setelah saya sampaikan keluhan blabla2 suruh reset hp/onof tp segala cara nda isa juga.. nyerah deh saya biarin ketipu iklan bodong indosat

  9. ya mungkin kalo ga nipu ga laku….kebanyakan emg kyk gtu,,,klo buat saya yg penting kecepatan internetnya ga lemot kayak siput ga masalah kena tipu,,,yg bikin jengkel kan sdh kena tipu internetnya lemot,,,pasti banyak yang mengalami kyk gini,,,

  10. Robert Panjaitan | Balas

    Mendingan Pakai Im3…..

  11. mau nanya, sms sama telpnya itu masa aktifnya 6 bulan apa 1 bulan ngikutin masa aktif paket internet?

    1. Paket Mentari Smartphone ini (internet, sms gratis dan telpon gratis) masa aktifnya maksimum 1 bulan. Lewat 1 bulan, atau kalau kuotanya sudah terpakai, kembali ke tarif normal.

Tinggalkan Balasan

