Mencegah Tabel Terpotong di Dokumen

Jika dalam sebuah dokumen word processor terdapat tabel, terkadang tabel itu terpotong batas halaman sehingga bagian atas tabel itu muncul di bagian bawah halaman, dan bagian bawah tabel muncul di awal halaman berikutnya. Hal ini seringkali tidak diinginkan, karena mengurangi estetika dokumen. Kecuali jika tabel itu memang sangat panjang sehingga terpaksa harus dilanjutkan di halaman berikutnya. Ada cara untuk mencegah pemenggalan tabel dalam dokumen, seperti diuraikan di bawah ini.

NB: Jangan lakukan langkah di bawah ini untuk tabel panjang yang memang tidak bisa muat dalam satu halaman, karena bisa menyebabkan bagian bawah tabel tidak kelihatan sama sekali.

OpenOffice.org Write

OOo Write memberikan opsi untuk mencegah pemenggalan tabel. Caranya, klik pada tabel, lalu buka menu “Tabel” — “Tabel Properties…”. Di bawah tab “Text flow”, kosongkan pilihan “Allow table to split accross pages and columns”, lalu klik OK. Maka secara otomatis tabel ini akan dijaga supaya tidak terpenggal.

Microsoft Word

MS Word agak sedikit kurang praktis dalam hal ini, karena tidak ada opsi seperti pada OOo Write yang diuraikan di atas. Jalan keluarnya adalah dengan menggunakan opsi format paragraf. Caranya: pilih baris pertama hingga baris kedua dari bawah pada tabel. Lalu buka menu “Format” — “Paragraph”. Di bawah tab “Line and Page Breaks”, centang pilihan “Keep with next”. Pilihan “Keep with next” pada suatu paragraf menyebabkan paragraf tersebut selalu bersatu dengan paragraf di bawahnya. Dengan demikian, baris-baris dalam tabel itu selalu bersatu dengan baris di bawahnya. Awas, baris terakhir dalam tabel jangan diformat “Keep with next”, karena ini akan menyebabkan keseluruhan tabel tergandeng dengan paragraf di bawah tabel.

2 responses

  1. Terimakasih telah berbagi ilmu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: