Main Tebak Kata di Twitter dengan @skrembelbot

@Skrembelbot adalah sebuat bot di Twitter yang menyajikan permainan #AcakKata. Dari namanya, bisa diduga @skrembelbot berasal dari istilah skrembel (mungkin dari scramble atau mengacak) dan bot (program). Tadinya saya mengira bot ini dibuat dan dikelola oleh Ivan Lanin, tapi mungkin saya salah. Kelihatannya, bot ini dibuat dan dikelola oleh @pengelana.

Permainan #AcakKata sendiri cukup sederhana: bot akan menyajikan sederet huruf yang diacak (misalnya btau); huruf-huruf tersebut harus disusun hingga membentuk suatu kata yang bermakna dalam Bahasa Indonesia (misalnya batu, buta, tabu, tuba, dll.). Cara bermainnya: cukup follow atau lihat liniwaktu @skrembelbot dan lihat tweet terbaru yang berisi soal. Jika ingin menjawab, cukup reply atau kirim tweet dengan format:

@skrembelbot <jawaban>

Saat ini bot juga bisa menerima jawaban dengan format

<jawaban> RT @skrembelbot blablabla

tetapi menurut saya ini jadi tidak mendidik bagi orang yang suka menggunakan RT untuk reply.

Penilaian

Setiap soal bernilai sebanyak jumlah huruf dalam kata tersebut. Bot akan mengumumkan jawaban yang benar dan nama pemain yang mendapat skor. Jika ada lebih dari satu orang yang menjawab dengan benar, maka penjawab pertama yang benar akan mendapat nilai penuh; dua orang berikutnya (dengan jawaban yang benar) mendapat nilai masing-masing satu.

Jika setelah limabelas menit belum ada jawaban yang benar, maka bot akan mengumumkan jawaban yang benar (tentu saja tanpa pemenang). Setelah itu bot akan menampilkan soal berikutnya.

Anagram

Beberapa soal mempunyai anagram lebih dari satu (misalnya uatb bisa berarti batu, buta, tabu, tuba, buat, baut), tetapi tentu saja jawabannya harus sesuai dengan soalnya. Di sini kadang kita terkecoh: merasa menjadi yang pertama mengirimkan jawaban yang benar, ternyata jawaban yang benar beda dengan yang kita jawab.

Sumber Soal

Soal-soal #AcakKata diambil dari basisdata Kateglo, yaitu sebuah situs yang menyajikan kamus, tesaurus dan glosarium. Maka kata-kata yang menjadi soal adalah lema-lema yang ada dalam kamus, khususnya KBBI III. Karena sumbernya soalnya terbuka, maka kita bisa mencari jawaban soal di situs ini pula. Misalnya kita menebak jawaban suatu soal, tetapi tidak yakin bagaimana ejaannya, kita bisa mengeceknya di Kateglo. Jika dikatakan bahwa lema tersebut tidak ada, maka bisa dipastikan jawaban itu pasti salah. Jawaban yang diumumkan oleh @skrembelbot juga disertai tautan ke laman Kateglo yang menjelaskan lema yang menjadi jawaban soal.

Manfaat

Ada beberapa manfaat permainan ini: menambah perbendaharaan kata, mengasah otak, mengisi waktu, dan tentu saja having fun. Apalagi dengan unsur persaingan (karena pemain dengan nilai tertinggi diumumkan secara berkala), maka permainan ini menjadi semakin menarik.

Siasat

  1. Gunakan perambah dengan beberapa jendela; satu membuka twitter, satu membuka Kateglo. Atau gunakan Twitter client untuk membuka twitter. Saya sendiri mengakses Twitter lewat Seesmic Web. Kalau pakai Seesmic, saya cukup klik sekali di tombol reply, ketik jawaban, tekan enter dan jawaban sudah terkirim.
  2. Soal dengan lebih dari 8 huruf biasanya kata serapan asing, dan biasanya mempunyai imbuhan atau berupa kata majemuk. Tebak dulu imbuhannya (misalnya poli-, -logi, -itas, -tif dll) baru tebak kata dasarnya.
  3. Kata asli Bahasa Indonesia atau bahasa daerah jarang yang diakhiri dengan -j, -d, v.
  4. Jika ada huruf n, g, k biasanya huruf-huruf itu letaknya di tengah kata (bukan di awal atau di akhir), misalnya ***ngk***. Begitu juga dengan pasangan m-b, m-p, n-t, n-d, n-j, n-c. Baru susun huruf-huruf lain sebelum dan sesudah pasangan huruf-huruf itu.
  5. Setelah mengirim jawaban, tunggu kira-kira 1 menit untuk me-refresh liniwaktu. Kalau jawaban kita benar (atau kalau ada orang lain yang menjawab duluan dengan benar), jawabannya akan tampil. Tapi jika lebih dari 2 menit setelah kita mengirim jawaban dan jawabannya belum diumumkan, kemungkinan besar jawaban kita salah. Cari jawaban lain!
  6. Bisa saja kita menggunakan program atau script untuk mencari semua kemungkinan jawaban (bagi yang mahir, saya kira tidak susah membuatnya) dan secara otomatis mengirimkan jawabannya. Tetapi cara ini tentu tidak adil buat pemain lain yang memang ingin menikmati permainan, bukan bersaing dengan bot. Jadi saya tidak menyarankan cara ini. (Oh ya, sempat ada bot yang terdeteksi ikut main; bot ini lalu di-blacklist oleh pengelola. Tetapi bot ini kemudian bisa dijadikan contekan karena dia tetap mengirimkan jawaban walaupun tidak dihiraukan oleh @skrembelbot. Kelihatannya sekarang sudah tidak ada yang main pakai bot lagi.)
  7. Mmmm… apa lagi ya? Ya main sajalah, nikmati permainannya! Oh ya, jangan cuma menghitung skor, tetapi kalau ketemu kata yang belum akrab, sempatkan membaca penjelasannya di Kateglo.

 

3 responses

  1. terima kasih mas @probodj, tulisannya bagus sekali.

  2. […] This post was mentioned on Twitter by ferfau Jr., pengelana and others. pengelana said: RT @probodj: Sedikit tips bermain #AcakKata dengan @skrembelbot: http://bit.ly/h2n4YE /cc @pengelana […]

  3. oh gitu toh😀
    makasih infonya, bermanfaat😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: