Membuat cadangan data Address Book.app secara otomatis

Saya kehilangan data alamat di Address Book.app.

Awalnya, ketika sedang mensinkronkan Address Book.app dengan ponsel SE K618, muncul dialog yang mengatakan (kira-kira) “ada konflik data antara Address Book dengan data di ponsel”. Tanpa membaca teliti (karena sebelumnya sudah sering muncul peringatan seperti itu, dan biasanya saya iyakan saja), maka saya iyakan dialog itu.

Hal berikutnya yang saya sadari adalah: data Address Book.app kosong melompong. Dan ketika saya cek ponsel, ternyata phonebook di ponsel pun kosong melompong. Mungkin terjadi konflik data antara Address Book.app dan ponsel, tetapi entah kenapa jadi kedua-duanya disapu habis.

Untungnya, sebelumnya saya pernah mem-backup data Address Book.app; sayangnya, backup terakhir adalah 5 bulan yang lalu. Artinya, saya kehilangan nomor-nomor yang baru saya tambahkan dalam lima bulan terakhir!

Apa lacur? Data sudah hilang, tidak akan kembali. Yang saya pikirkan sekarang: bagaimana cara membuat backup secara rutin dan otomatis. Sayangnya, saya belum pakai Leopard, jadi tidak punya Time Machine. Solusinya, saya bikin sistem otomatis sendiri untuk mem-backup file yang berisi database Address Book.app

Saya mulai dengan membuat workflow di Automator.app yang kira-kira isinya:

  1. Get Specified Finder Items. Finder item yang dipilih adalah file AddressBook.data dan AddressBook.data di folder home/Library/Application Support/AddressBook.
  2. Copy Finder Item ke suatu folder yang terpisah.
  3. Rename file tersebut dengan format “yyyy-dd-mm-filenameasli
  4. Save workflow ini sebagai app.

Lalu buat recurring event di iCal, misalnya seminggu sekali setiap Jumat pagi. Di alarm, pilih “Open file”, kemudian pilih file workflow.app yang dibuat di atas. Voila! Dengan sistem ini, data Address Book saya akan terbackup secara rutin. Jika sewaktu-waktu Address Book.app crash lagi dan menghilangkan data, saya tinggal menyalin file AddressBook.data yang lama.

Tinggalkan Balasan

