Upgrade Memory Macbook

Setelah sekian lama menggunakan Macbook 1st gen (1,8 GHz) dengan RAM standar (512MiB), saya merasakan bahwa konfigurasi ini terlalu cémén untuk menjalankan beberapa aplikasi besar secara simultan. Aplikasi yang rutin saya gunakan bersamaan adalah Camino, Thunderbird dan OpenOffice, plus beberapa utility. Terasa sekali kalau sudah membuka dokumen yang agak besar di OpenOffice dan kemudian ingin pindah ke aplikasi lain, ada jeda waktu yang cukup mengganggu. Hal ini saya perkirakan karena memori yang kurang besar, sehingga prosesor harus memindah-mindahkan data dari RAM ke HD.

Jadi, sudah saatnya tambah RAM.

Saya mulai dengan mengamati diskusi di milis id-mac dan id-apple. Dari situ saya mempelajari spesifikasi RAM yang cocok untuk Macbook. Selain itu saya juga mengetahui bahwa supaya kerja RAM optimal, maka harus dipasang dua keping yang identik. Jadi untuk membuat kapasitas total RAM menjadi 2GiB, maka harus dipasang dua keping masing-masing 1GiB.

Kemudian saya melihat-lihat beberapa toko online untuk mengetahui kisaran harga. Harga SODIMM 1GiB berkisar di USD 22. Jadi untuk menjadi 2 GiB, saya perlu dana kira-kira Rp 500 ribuan. Dari beberapa website saya juga mempelajari cara membongkar Macbook untuk mengganti RAM. Cukup sederhana, kelihatannya. Tapi… saya masih agak ragu mau membongkar Macbook. Kalau komputer desktop saya sudah biasa; kalau laptop, saya belum pernah membongkar.

Akhirnya saya putuskan pergi ke Ratu Plaza saja. Di sana ada beberapa toko penjual produk Apple. Toko pertama saya datangi dan saya tanyai, “Punya memori buat Macbook?” Dijawab, ada. Berapa? 759 ribu rupiah. Mereknya apa? V-gen. “OK, saya lihat-lihat dulu ya” saya berbasa-basi. Lalu saya ke toko Apple yang lain. Di sebuah toko, saya mengulang pertanyaan di atas. Anehnya, jawabannya sama persis! Saya timbang-timbang, 759 ribu masih di atas anggaran yang saya siapkan. Jadi saya mau mencoba menawar.

Saya kembali ke toko pertama. “Yang tadi, barangnya ada?” Ada. Bisa kurang nggak? “Wah nggak bisa kurang. Tapi kalau mau coba, kita cariin di toko. Kalo kita yang datang, biasanya dikasi murah”. OK, boleh juga dicoba, saya pikir. Lalu salah satu teknisi toko itu pergi ke toko yang menjual komponen komputer generik. Tidak jauh-jauh, toko sebelahnya saja.

Di toko ini, ada memory Kingston 1 GiB dengan spesifikasi yang sesuai untuk Macbook. Berapa duit? Tertulis di label harganya: Rp 265.000. Tapi si engkoh pemilik toko memberikan harga Rp 210.000 sekeping. Deal? Deal! Saya bayar Rp 420.000 untuk 2 keping Kingston 1 GiB, lalu kembali ke toko Apple tadi. Saya berikan Macbook saya dan memori yang baru dibeli tadi ke si teknisi tadi. Nggak lama, dia keluar lagi dari bengkelnya. Si putih Macbook saya sudah 4 kali lebih pintar. “Nih, periksa dulu system profilenya. Sudah 2 GiB kan?” Dan sesuai tampilan di layar, memang sudah terpasang memori 2 x 1 GiB. Si teknisi meminta 100 ribu rupiah sebagai jasa. Fair enough, saya pikir. Kalau saya tahu cara memasangnya, tentu saya bisa menghemat 100 ribu rupiah. Tetapi kalau bukan karena teknisi itu, belum tentu saya bisa dapat harga murah untuk RAMnya. Jadi, total saya menghabiskan Rp 520.000 dan waktu setengah jam saja untuk menggembungkan RAM dari 512 MiB menjadi 2 GiB.

Sekarang menjalankan beberapa aplikasi sekaligus menjadi ringan. Saya bisa berpindah-pindah dari OpenOffice, Thunderbird dan Camino tanpa jeda waktu. Waktu startup untuk OpenOffice 3.0 RC1 juga menjadi jauh lebih cepat.

NB. Parkir di Ratu Plaza sucks (parkir basement ditutup).

6 responses

  1. mas, toko apple yg di ratu plaza yang pasangin memory yg mana? (soalnya kan ada bbrp tuh), trus toko sblahnya yg jual lebih murah tuh namanya apa? makasi ya..

  2. Mas, pertanyaanku sama kaya ami..

    Nama toko tempat mas beli memory macbooknya apa y? Saya jg mo upgrade memory nich..

    Thx b’4..

    Salam..

  3. mas sekali lagi pertanyaan yang sama ney??tokonya namanya apa??coz gw orangnya ga bisa nawar..
    kalo ga enak sama yang punya toko boleh deh via sms aja(kalo ga ngrepotin) di 08122711467..tolong y mas..thx b4

  4. mas thanks banget saya baru mau up grade….

  5. Halo, nama tokonya apa yah? sy jg mau upgrade RAM untuk macbook

    thank you

    1. Wah, apa ya? Udah lama sih, jadi lupa. iBox kali ya?

Tinggalkan Balasan

