Prosedur membayar pajak kendaraan bermotor

11 06 2007

Kalau mobil dan motor berulang tahun: Prosedur membayar pajak kendaraan bermotor

(tayangan ulang dari multiply)

Seperti manusia, kendaraan bermotor juga berulang tahun. Kalau ulang tahun, mereka minta ditraktir di Samsat alias kita harus bayar pajak kendaraan bermotor (PKB). Istilah pasarannya “perpanjang STNK tahunan”. Istilah ini kurang tepat, karena sebetulnya STNK berlaku untuk 5 tahun.

Jaman dahulu (jaman orba, misalnya) urusan dengan STNK identik dengan repot. Harus ngantri dan nunggu berjam-jam, sehingga orang cenderung titip urusan ke calo. Tentunya kalo pake calo, biaya jadi naik karena si calo pasti minta uang jasa.

Dua tahun belakangan ini, saya sudah mengalami bahwa pembayaran PKB bisa dijalani dengan cepat (~30 menit) dan mudah. Asal tahu caranya. Nah, di bawah ini adalah prosedur pembayaran PKB yang berlaku di Samsat Kab Tangerang di BSD. Saya berharap prosedurnya akan mirip-mirip dengan samsat-samsat di tempat lain.

  1. Siapkan dulu BPKB, STNK, Slip Pajak (yang bentuknya mirip STNK) dan KTP pemilik kendaraan. Buat fotokopi semua surat tersebut.
  2. Pergi ke Samsat. Sebaiknya pergi pagi-pagi sekali supaya antrian tidak panjang. Biasanya mereka buka jam 8.
  3. Siapkan dulu map ‘resmi’ untuk menyimpan berkas-berkas anda. Warna map berbeda untuk motor dan mobil. Map ini bisa dibeli di loket atau koperasi atau warung fotokopi di dekat-dekat Samsat. Kolusi? You know lah. Tapi hanya ini satu-satunya praktek KKN yang masih tersisa dalam mekanisme ini.
  4. Masukkan semua berkas tadi (asli + fotokopi) kecuali BPKB asli ke dalam map ‘resmi’ tadi. Lalu pergi ke loket pendaftaran dan serahkan map tadi. Tunggu sebentar di dekat loket sampai petugas loket mengembalikan map tadi dan memberikan formulir pendaftaran.
  5. Berkas-berkas tadi (STNK+Slip Pajak+KTP asli dan fotokopi, plus fotokopi BPKB) di-staple ke formulir pendaftaran yang baru kita terima. Lihat contoh format untuk men-staple berkas tadi. Tujuannya untuk memudahkan petugas melihat berkas kita dan mencegah berkas kita tercecer.
  6. Formulir dan berkas-berkas yang sudah di-staple, di dalam map, diserahkan ke loket perpanjangan. Tunjukkan BPKB asli ke petugas di loket. Petugas akan mengembalikan BPKB asli disertai slip tanda terima pendaftaran.
  7. Tunggu di dekat loket pembayaran. Petugas akan memanggil nama kita. Ketika dipanggil, segera ke loket. Petugas akan memberitahu jumlah yang harus dibayar. Bayar sesuai jumlah tersebut. Petugas akan memberikan slip PKB sebagai tanda bukti pembayaran.
  8. Tunggu di dekat loket bertulisan “Pengambilan STNK“. Petugas akan memanggil nama kita dan menyerahkan STNK (perlihatkan Slip PKB tadi). Minta plastiknya sekalian (mestinya sih gratis). Selesai!

Pengalaman saya, datang jam 7.45, masukkan berkas jam 8.05, selesai jam 8.30! Ongkos yang saya bayar sesuai dengan tarif resmi, hanya ditambah beli map 2000 rupiah (cincai lah…).

Oh iya, jangan sampai lupa tanggal ulang tahun kendaraan anda. Kalau anda telat mentraktirnya di Samsat, kita akan kena denda yang lumayan! Rugi aja gitu.

So, jangan takut ngurus STNK/PKB sendiri!

*** UPDATE ***
Karena banyaknya yang bertanya tentang masalah pengurusan STNK yang tidak punya KTP/BPKB asli, saya tegaskan bahwa yang saya ceritakan di sini hanya sebatas pengalaman mengurus pajak STNK dalam kondisi standar. Mohon maaf saya tidak bisa memberi petunjuk tentang masalah-masalah lain seperti kalau tidak ada KTP/BPKB dll.

Aksi

Information

29 responses

10 07 2007
ruzzm4n

Oya Mas, saya kebetulan dapat informasi dari teman yang mo perpanjang STNK, katanya sekarang syaratnya makin ribet ya mesti ada KK segala…

10 07 2007
probodj

@russm4n:
Mungkin beda Samsat, beda dikit prosedurnya kali ya? Saya nggak pernah diminta KK tuh. KTP saya cukup meyakinkan.

Minggu yang lalu saya baru saja perpanjang STNK (ganti STNK karena sudah 5 tahun). Bedanya hanya harus cek fisik saja, itu juga tidak ribet. Cukup bawa mobil/motornya ke loket cek fisik, minta formnya, lalu diperiksa oleh petugasnya (digesek nomor mesin/rangkanya), lalu formnya dicap.

Sayangnya di bagian ini masih ada pungli. Saya diminta 30rb rupiah tanpa kwitansi :(

7 09 2007
nuar

mas probo.. tau ga prosedur urus bpkb motor yg no pol-nya diganti??
thx..

7 09 2007
probodj

@Nuar
Wah, maaf saya belum punya pengalaman seperti itu.

Saya pernah mutasikan mobil saya (pindah wilayah), dari Bogor ke Tangerang. Sayangnya, waktu itu saya nggak ngurus sendiri (minta tolong orang), jadi saya nggak tau prosedurnya.

20 11 2007
love Islam

Wahh .mas kalo yang belum ada BPKB nya gimana ya ? tau lah … kalo motor kreditan . he he he

20 11 2007
probodj

@love Islam

Ya harus nego sama leasingnya… hehehe…

16 05 2008
ardi

tadi pagi saya membayar pajak disamsat kota bogor? lumayan mahal, karena motor saya motor second, habisnya orang yang punya motor pertama ga tau kemana? jadi saya nembak aja melalui calo?

2 06 2008
jay

klo aku blum byar,pdahal dh tlat seminggu…. gmn y n dendaNya sampai berapatuh??????????

6 01 2009
Arel

Mas probo, tenkiyu banget nih atas info-nya… kebetulan motor saya baru mau ulang tahun kali pertamanya nih tahun ini. Kalau saya dari Cibubur ke Kantor Samsat BSD rutenya kalo naik motor gimana ya mas? (waktu ambil motor masih ber-domisili di wilayah Tangerang, namun sekarang sudah pindah ke wilayah Cibubur, tapi KTP tangerang masih ON)… Terus apakah prosedur diatas sampai sekarang masih berlaku mas? (Maklum..uda beda tahun..2007 ke 2009..hehe)

6 01 2009
probodj

#Arel
Terima kasih sudah mampir ke sini.
Prosedur kayaknya nggak berubah; bulan Juli 2008 msih kayak begitu.

Kalo rute dari Cibubur ke BSD, saya nggak tahu karena nggak pernah naik motor sampai ke Cibubur. Kalau pakai mobil sih sering.

23 01 2009
zasmiarel

oke mas… btw…tanya maning donk..barangkali mas probo tau info-nya… skrg-kan ada pos tempat pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor seperti misalnya yg dibuat di Mall PGC Keramat Jati, Jaktim… nah sebenarnya bisa gak sih ane yg KTP-nya tangerang (but..plat motor “B”)..bayar pajak-nya disana??? Kalau bisa kan lumayan…gak perlu ke BSD gitu lhoo…hehe…

12 02 2009
abi

mas mau tanya kalau alamat ktp sama sim beda gimana ya apa gpp maksudnya gini ktp saya sukabumi tp ambil motor di bandung mau bikin ktp di bandung blom karena sering di luarkota nah itu masalah gk ya apa gimana please help ya bentar lagi nih bayar pajak nya hiks

thks mas

12 02 2009
probodj

Maksudnya alamat KTP beda dengan alamat STNK? Nggak bisa mas, karena dasar pembuatan STNK/BPKB itu kan alamat rumah. Kalau pindah domisili, dan pindah KTP, otomatis kendaraan harus dimutasi.

12 02 2009
abi

oh gitu ya… trus kalau misalakn saya mau mutasi dengan keaadan saya tidak memiliki ktp bandung gimana (soale dulu pas ambil motor nya bikin ktp tembak sama si orang dealer nya ) hiks sedih sedih..

12 02 2009
probodj

Wah kalo udah tembak-tembakan mah susah… kita jadi tergantung kepada calo dan “oknum” petugas. Kalau mau bener ya harus punya KTP dulu, baru bikin STNK. Sebaiknya bikin KTP yang bener dulu, lalu kendaraan dimutasi atau dibalik-nama.

12 02 2009
abi

hm…ok deh makasih mas atas info nya thks alot manfaat bgt nih

12 02 2009
abi

hihi mas punten satu lagi misalkan gini saya mau buat ktp di bandung tp dengan alamat yang beda karna udah gk tinggal di tempat yang lama(Tempat pertamakali ngambil motor) itu kira2 bisa ndak ya

7 05 2009
toni

thanks infonya, coz aq belum pernah bayar pajak sendiri hihihihi………

30 09 2009
esetiawan

trims infonya pak.

Cuma saya punya msalah nich :
saya beli motor second, si pemilik pertama saya udah nggak tau ada dimana dia berada.

Nah gimana tuch kalau saya mau nraktir Samsat-nya? Apakah bisa tanpa KTP asli pemilik pertama mbayar pajak tersebut? kalau Mutasi bisa nggak tanpa KTP pemilik pertama?

wah mudah-mudahan nggak kebanyakan yah pertanyaan sayah.
FYI pajak motor entu udah setahun terlewat..hi hi hi

1 10 2009
probodj

Wah kalo pemilik pertama sudah hilang, saya nggak tau deh. Apalagi sudah lebih dari satu tahun.
Makanya, kalo beli kendaraan bermotor, lebih baik balik nama saja daripada repot di belakangan. Kecuali kita kenal betul dengan pemilik sebelumnya.

10 10 2009
Tamie

Mas Probo,,,meskipun saya perempuan tapi saya pengen tahu dan mencoba ngurus PKB sendiri….tapi gimana ya mas kalau motor saya second ketika mau memperpanjang saya gak pegang foto kopi ktp si empunya motor yang pertama karena jarak yang jauh,,,kira2 prosedurnya seperti apa?pasti bayarannya akan lebih mahal ya?ditunggu bgtz infonya…trims

13 10 2009
probodj

@Tamie: Wah, seperti yang saya tulis di beberapa komentar di atas, saya nggak punya pengalaman dengan kasus KTP pemilik sudah tidak ada. Kalo kepepet ya… mungkin perlu bantuan biro jasa atau “calo”. Terus terang saya tidak tahu.

30 10 2009
Alex

Mas Probo, motor saya ditahan di samsat jakarta utara sudah seminggu, karena dulu motor saya sempat jadi Barang Bukti perkara…perkara sudah putus pengadilan dan saya juga sudah mengantongi surat selesainya dari kejaksaan…Di Samsat, kata petugas saya mesti lapor lagi untuk buat “surat laporan kemajuan perkara” di tempat dulu saya melaporkan kejahatan, lalu ke Polda…Pertanyaan saya: Benarkah prosedur hukumnya demikian atau mungkin saya ‘diputer-puter’ (dipermainkan)?

30 10 2009
probodj

Mas Alex, mohon maaf, saya bukan ahli hukum dan sama sekali nggak punya pengalaman dengan kasus seperti yang anda alami. Satu-satunya yang saya share di sini hanyalah sekedar mengurus pajak kendaraan dalam kondisi standar. Jadi mohon maaf sekali lagi, saya tidak bisa membantu dalam kasus anda.

Semoga berhasil.

14 11 2009
jeffri

mas mo pro mo nannya nich, “Slip Pajak (yang bentuknya mirip STNK)” itu apa ya, trus dapetnya dari mana? tq bfr

14 11 2009
probodj

Slip pajak yang judulnya “Surat Ketetapan Pajak Daerah” dan ada tulisan besarnya pajak yang dibayar tahun sebelumnya.

NB. Ini yang di Tangerang ya. Di daerah lain mungkin bentuknya lain.

5 12 2009
bxe tumewu

thank bgt infonya mas.. tp sy ada pertanyaan mas untuk denda pajak mobil tau ga ya mas,, mobil saya hyday thn 95… sy tanya ke biro jasa yp mereka ga da yang tw mas.. ktnya hrs nunggu proses dulu.. gmn tuh mas..?

5 12 2009
probodj

Wah nggak tau ya kalo urusan denda. Saya belum pernah mengalami.

23 12 2009
ane

Mas,kalo sy mau perpanjangan STNK dan hanya punya fotokopi KTP pemilik yg tertera namanya di BPKP,trus masih di-leasing,tp leasing ada kasih Surat Keterangan untuk bayar pajak,sementara mobil di luar kota Jakarta,plat mobil sekarang masih plat B.
Apakah bisa ‘tembak’ KTP ? Biasa berapa biaya utk ‘tembak’ KTP Jak-Bar?bisa sy diberi kontak person calo/biro jasa terpercaya ?

Tks ,ya,Pak !




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

